Rabu, 23 Mei 2012

KELOMPOK DALAM ORGANISASI, KELOMPOK? (Team Work)


          1.     PENGERTIAN

ORGANISASI
Kata organisasi berasal dari istilah Yunani  Organon  dan istilah Latin  Organum yang artinya alat, bagian, anggota, atau badan. Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
KELOMPOK
Kelompok adalah suatu kumpulan dua atau lebih orangt-oranmg yang mengalami interaksi dinamis satu sama lain (McGrath, 1984). Definisi ini mencakup berbagai jenis kelompok, misalnya sebuah keluarga kecil, sebuah kelompok kerja besar, suatu kelompok eksperimen yang hanya bertemu pada satu kesempatan, suatu unit militer yang bertugas bersama-sama dalam hitungan bulan atau tahun.
Kelompok bersifat dinamis sedangkan agrerat relatif pasif. Anggota-anggota kelompok saling menyadari keberadaan satu sama lain sedangkan orang-orang agrerat seringkali melupakan orang-orang di sekitarnya.
Dalam interaksi personal pengertian kelompok memiliki maksud sendiri yaitu proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat langsung diketahui balikannya.
Dalam persepsi keanggotaan adalah kelompok itu suatu struktur atau bagian terpenting di dalam suatu keanggotaan. Lain hal dalam pengertian kelompok dalam kesalingantungan yaitu kelompok adalah saling terhubungnya hubungan sosial satu sama lain dengan orang lain dan dapat menimbulkan ketergantungan satu sama lain.
Menurut Smith (1945): Kelompok sosial adalah satu unit yang terdiri dari sejumlah organisme yang mempunyai persepsi kolektif tentang kesatuan mereka dan mempunyai kemampuan untuk berbuat dan bertingkah lahu dengan cara yang sama terhadap lingkungan.
Dalm interaksi personal, menurut Homans (1950): kelompok adalah sejumlah individu berkomunikasi satu dengan yang lain dalam jangka waktu tertentu yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

2.      JENIS – JENIS KELOMPOK

1.      Kelompok Formal: kelompok yang mempunyai struktur organisasi dan peraturan yang tegasdan dengan sengaja diciptakan oleh anggotanya untuk mengatur hubungan diantara anggotanya. Contoh: Organisasi Militer, Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
2.      Kelompok NON-Formal: kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada
suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh: Arisan, kelompok belajar, team futsal, dan lain sebagainya.

3.      PENGALAMAN PRIBADI DALAM KELOMPOK
Saya mempunyai organisasi yang bernama “Wiskul Organization” dimana organisasi ini menjalankan kegiatan-kegiatan seperti: fun futsal, wisata kuliner, jalan-jalan, dan setiap tahunnya kami melakukan kegiatan amal yang bertujuan untuk mempererat persaudaraan kita. Disini saya sebagai bendahara yang mengatur keuangan kelompok saya. Kadang – kadang setiap menjalankan kegiatan kami selalu menghadapi perbedaan pendapat, disitulah yang menarik kita dituntut berpikiran dewasa supaya memiliki jalan tengahnya dan bisa menjalankan tujuan kita dengan fun. Sekian cerita pribadi saya dalam kelompok/organisasi ini.

- Hambatan
Hambatan dari kelompok/organisasi selalu ada, sikap yang diambil haruslah dihargai. banyaknya perbedaan pendapat antara anggota, dan adanya selisih paham antara anggota maupun atasan.

- Solusi
Solusinya adalah sabar, tenang, berpikir matang-matang, bersikap dewasa dalam mendengarkan pendapat orang lain, dan menghargai keputusan yang akan diambil.

- Pemecahan
Bermusyawarah antar sesama anggota dan atasan supaya menemukan titik temu dari tujuan organisasi/kelompok tersebut.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi - 22 Mei 2012 – 11.05
             http://chanurimas.wordpress.com/2010/10/01/pengertian-kelompok/ - 22 Mei 2012 – 11.10
             http://www.scribd.com/doc/86552948/5/Kelompok-Formal-dan-Kelompok-Informal - 22 Mei 2012 – 11.20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar