Kamis, 29 November 2012

Tentang Delphi

Delphi adalah pemrograman yang berorientasi objek yang diturunkan dari bahasa pemrograman pascal. Pascal adalah bahasa pemrograman yang berbasis DOS dibuat tahun 1971 oleh Niklaus Wirth dari Swiss, nama pascal sendiri diambil dari nama matematikawan dan ahli filsafat di Perancis yaitu Blaise Pascal yang lahir tahun 1623 dan wafat tahun 1662. Pascal dirilis tahun 1983 oleh Borland International salah satu perusahaan software yang terkemuka di California.

Pada tahun 1993 Borland International mengembangkan bahasa pemrograman pascal bersifat Visual yang disebut Delphi, pemrograman ini resmi dipasarkan pada tahun 1995 oleh Borland International. Pemrograman ini dibuat secara modern yang berjalan di Sistem Operasi Windows mulai dari versinya yang pertama Delphi 1, dalam tahun-tahun selanjutnya Delphi terus dikembangkan guna mengikuti  jaman dan sampai sekarang sudah keluar versi terbaru yaitu Delphi versi 2010.

Delphi adalah alat perancang aplikasi secara cepat dan praktis "Rapid Aplication Development" (RAD), dan dikembangkan dengan cara visualisasi untuk lebih memudahkan perancang dalam menghasilkan aplikasi-aplikasi yang "rileble" handal. Pada prinsipnya, pemrograman ini sama dengan pemrograman visual lainnya, misalnya Visual Fixpro, Visual Basic, Power Builder, dan C++.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar