Minggu, 25 Mei 2014

Harus Dilatih Sejak Dini, Begini Caranya Agar Anak Tak Jadi Picky Eater

Jakarta, Melihat anak cenderung picky eater atau memilih-milih makanan dan hanya suka pada jenis makanan tertentu bisa membuat orang tua bingung. Nah, sebelum si kecil terlanjur menjadi picky eater, orang tua bisa curi start agar buah hatinya tak pilih-pilih pada jenis makanan.

Caranya, anak perlu diperkenalkan dengan berbagai macam makanan serta jangan lupa ciptakan suasana makan yang menyenangkan bagi si kecil, demikian dikatakan dr Marissa Pudjiadi SpA dari RS Premiere Jatinegara.

"Ajarkan disiplin pada anak, kalau dia mulai memilih makanan tertentu yang diinginkan, bolehkan dia makan makanan yang ia mau setelah makan makanan yang kita haruskan," kata dr Marissa dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Sabtu (24/5/2014).

Dengan demikian, orang tua tidak mengekang kemandirian anak dalam memilih makanan yang ia inginkan tetapi tetap mengajarkan disiplin bahwa anak harus mengikuti aturan yang ada.

Nah, sejak anak berusia satu tahun, idealnya mereka sudah bisa mengonsumsi makanan yang sama dengan menu keluarga yang lain. Baik struktur makanan, variasi, termasuk bumbu-bumbunya dikatakan dr Marissa boleh sama dengan menu keluarga lainnya.

Namun, jika anak memang belum sanggup memgonsumsi makanan tersebut misalnya pepes, sayur asem, atau tempe goreng, tentu struktur olahannya harus disesuaikan dan kemudian baru ditingkatkan sampai anak bisa makan sesuai menu keluarga.

"Kalau anak diberikan makanan tertentu terus, biasanya di usia satu tahun dia sudah bosan dan kemudian mulai tidak mau makan. Selain itu anak juga bisa kekurangan beberapa jenis vitamin atau mineral," tutur dr Marissa.

Sumber: http://health.detik.com/read/2014/05/24/160201/2591553/764/harus-dilatih-sejak-dini-begini-caranya-agar-anak-tak-jadi-picky-eater?l992206755 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar