Sabtu, 16 April 2011

KEBUDAYAAN TURKI

oleh Aiolos
http://www.e-grammes.gr/photos/greece/diakos.jpghttp://www.e-grammes.gr/photos/greece/diakos.gif
Athanasios Diakos hidup ini rasa sakit dan penderitaan yang mengerikan selama tiga hari penuh.
Mengingat pembicaraan yang akan datang berkaitan dengan upayanya untuk keanggotaan di Uni Eropa, Hellenic Lines telah memutuskan untuk memulai beberapa artikel yang didedikasikan untuk Turki Budaya Eropa. Penulis artikel ini khusus mendedikasikan informasi yang berisi untuk semua "visioner" terlibat dalam membawa 'tetangga Hellas ke flip Eropa, serta Presiden Demokrasi kita, yang memiliki empedu tak tanggung-tanggung untuk menggolongkan Vasilios Vourgaroktonos sebagai penyiksa selama pulau dari terakhir perayaan 'Lesbos kebebasan dirinya dari kekuasaan Turki.
Kutipan rinci digunakan dalam artikel ini dapat ditemukan dalam Grand Dictionnaire Perancis, dari yang kami kutip berikut ini: Menjadi dipanggang hidup - salah satu ekspresi yang paling mengerikan dari kebinatangan manusia - adalah pembakaran mengutuk atas api saat ditombak atas saham kayu tajam yang telah dimasukkan ke korban dengan cara sebagai berikut: si terhukum dibuat untuk berbaring dengan kaki telentang dan tangannya diikat di belakang punggungnya. Untuk algojo untuk tidak terganggu dari pekerjaannya, korban diberikan bergerak dengan memiliki satu pembantu algojo duduk di atas pelana ditempatkan di atas punggung tahanan.algojo kemudian memfasilitasi masuknya tiang kayu dengan mengolesi dengan lemak babi, setelah itu ia genggam dengan kedua tangan dan kekuatan menjadi korban sedalam dia bisa. Dia kemudian pound itu dengan palu sehingga menembus lain lima belas atau dua puluh inci lebih. Korban kemudian mengangkat tegak dan saham yang kuat tertanam ke dalam tanah sebagai jiwa disiksa dibiarkan akan berakhir sakit tak terlukiskan dan penderitaan. Karena dia tidak mampu untuk mengamankan pijakan, pasukan berat sendiri tiang lebih dalam korban \ 'tubuh, sampai titik akhirnya keluar, biasanya dari ketiak, dada, atau perut. Kematian yang akan mengakhiri penderitaan keji tidak datang dengan cepat. Ada laporan dari tahanan disula yang berlangsung selama tiga hari. Berapa lama manusia hidup merupakan fungsi dari kondisi fisiknya dan arah saham terjadi untuk mengambil. Hal ini mudah dipahami ketika seseorang menganggap lambang berikut perilaku binatang dan tidak manusiawi: algojo yang sangat hati-hati memastikan bahwa titik saham adalah tidak tajam tapi tumpul dan agak bulat bentuknya. Apakah itu yang tajam, itu akan melewati korban \ 'organ ketika sedang didorong, dan akan menyebabkan kematian langsung. Akhir tumpul, bagaimanapun, mendorong samping organ-organ vital, bergerak daripada penetrasi mereka. Terlepas dari rasa sakit luar biasa yang disebabkan oleh tekanan pada bagian-bagian penting, hidup tetap untuk beberapa saat lagi. Hal ini jelas yang menjadi wilayah untuk menembus pada sebuah miring - bukannya mengikuti sumbu alami tubuh - tidak akan keluar melalui payudara atau dari ketiak, tapi akan menembus perut. Dengan cara ini rongga dada tetap tak tersentuh dan organ vital tidak terancam, dengan demikian memperpanjang kehidupan dikutuk.
Dalam sebuah artikel 1967 di koran Avgi, kemartiran Athanasios Diakos adalah digambarkan: mengutuk diikat tangan dan kaki, dan dipaksa untuk berbaring menghadap ke bawah. Dua algojo kokoh duduk di atasnya, sementara sepertiga dipaksa saham kayu ke dalam anus, sesuatu seperti meludah kayu yang kita gunakan untuk panggang anak domba Paskah kita di atas bara. Seorang pria sebagainya, menggunakan kayu atau besi palu, ditumbuk di sampai titik keluar dari dari kepala, antara tulang belikat, atau di mana pun arah yang mengambilnya. Jika, barangkali, saham yang keluar dari sisi kiri tubuh, korban disiksa berakhir dalam waktu singkat.
Apakah itu untuk keluar dari sisi kanan, bagaimanapun, dia bisa hidup selama tiga sampai empat hari. Athanasios Diakos (dari memori suka) hidup ini rasa sakit dan penderitaan yang mengerikan selama tiga hari penuh dan akan hidup lagi kalau bukan untuk yang teratur, dari kasihan, menembaknya di kepala dan menempatkan dia keluar dari penderitaannya. Mari kita lihat bagaimana cerita rakyat yang menggambarkan acara ini: "Mereka mengambil Diakos dan skewered dia di meludah a / Mereka berdiri tegak dan dia tertawa".
The Guer Perancis pada tahun 1774 bukunya, Bea Cukai dan Kebiasaan Turki, berkaitan apa yang sampai sekarang telah dijelaskan, tetapi dengan variasi tertentu.Teror penyebaran saham seluruh Hellas dan menjadi biasa segera setelah pemberontakan orang-orang Yunani melawan Turki tuan mereka. Selama periode 1805 -1806, pasukan Turki akan tahap serangan kejutan di Central Peloponnesus terhadap Klephts (pejuang gerilya). Ekspedisi ini memiliki hasil yang diinginkan. Turki akan muncul dengan ribuan taruhan pre-cut, dan akan terus impalements publik. Dalam rangka untuk meneror rakyat, mereka akan menyebarkan sisa-sisa korban mereka di dekat tempat yang sering dikunjungi banyak, setelah terlebih dahulu dicat hasil mengerikan kebejatan mereka merah cerah untuk memastikan mereka akan mudah terlihat. Sebagai Amvosios Frantzis berhubungan, ini membuat panik begitu banyak di desa-desa, bahwa banyak penduduk desa akan membantu memburu Klephts untuk mencegah harus menderita seperti kematian yang mengerikan itu sendiri. Anagnostis Kontakis menulis: "Aku sampai ke titik di mana ayah akan menyerahkan anak". Ini adalah bagaimana kekalahan Klephts di Morea muncul.
Selama pemerintahan tuan Albania dari Ioannina Ali Pasha, penyulaan menjadi sarana sehari-hari dimana perbedaan pendapat itu ditekan dan rakyat itu disimpan dalam keadaan hina teror. Sebuah lagu rakyat periode menggambarkan bagaimana, "datang Ali Pasha dengan delapan belas ribu tentara. Mereka membawa dengan mereka banyak kapak dan pisau tajam Ali terus. Mereka taruhannya penyulaan sibuk memotong". Lumpuh ketakutan, Ali Pasha akan membuat keluarga korban putar meludahi-yang kerabat mereka sendiri adalah disula. Untuk menghindari penderitaan semacam ini kematian yang keterlaluan, mereka dipaksa untuk grill anggota keluarga mereka sendiri.
Turki bereaksi terhadap pemberontakan revolusioner 1821 oleh glutting sendiri pada penggunaan penyulaan sebagai alat utama dengan mana mereka mencoba untuk meneror orang-orang Yunani. Ada banyak tangan pertama rekening, oleh sumber-sumber Yunani dan asing, yang menyatakan cara brutal dan tidak manusiawi dari perbedaan pendapat menekan. Sebuah kasus yang khas yang dimaksud adalah penyulaan satu Paksinos Giorgios, yang, menurut Penasehat Inggris Patras, "Orang-orang Turki pertama diolesi dengan tar dan minyak lainnya, dan kemudian dipanggang hidup di atas nyala api".
Aku mewariskan informasi tersebut di atas untuk mereka yang percaya dalam realisasi dari takdir Eropa untuk Turki. Aku berniat untuk memberikan fakta-fakta yang lebih berkaitan dengan "Budaya Eropa" dari Turki di masa depan.



MUSIK TRADISIONAL TURKI
Konsep musik tradisional: ini biasanya musik yang dibuat bersama, diabadikan sejak lahir bersiul, dinyanyikan di daerah asal mereka dan sebagian besar anonim. 

Kita dapat membagi menjadi dua musik dengan spesifik sesuai dengan definisi di atas, diproduksi dalam kebudayaan kita dan menjadi dibentuk setelah awam tradisional mereka agama atau atau belajar di bawah judul "Musik Rakyat / lokal" dan "Music Ottoman".Hal ini juga memungkinkan untuk mengklasifikasikan karya-karya dari kedua kelompok memiliki banyak aspek umum seperti yang instrumental atau vokal.


TURKI MUSIK KLASIK
musik klasik Turki mulai berkembang pada abad ke-15 di dalam Pengadilan Ottoman dan berlanjut hingga abad ke-19. Namun catatan abad ke-17 yang naik tertua dari musik ini. Dalam musik ini Turki memiliki banyak pola terdiri dari serangkaian komite diciptakan.Instrumen yang menyertai musik terutama Turki " ney (seruling), "TEF" (rebana), "Nevbe", " kanun "," Santur "," Kudüm "(timpani)," Zil "( cymbal ), DLL. 

Pada tahun 1943, di bawah arahan Huseyin Saadettin Arel, yakin bahwa polifoni dapat diintegrasikan ke dalam musik tradisional Turki dan instrumen musik Turki bisa saja tempat mereka di bidang musik, akan diletakkan di tempat bagian turki musik klasik di konservatorium kota istanbul.

 
Dengan pembentukan "Choir klasik" oleh Mesut Cemil Tel, yang telah menduduki pos penting di Radio Istanbul dan Ankara dan tindakan dari masyarakat musik uskudar dan Masyarakat musik Oriental, musik klasik Turki adalah suatu pembaharuan. Mesut Cemil Tel, yang akan menjadi yang pertama untuk memimpin paduan suara mengagumkan Musik Turki, telah membuat penegakan modern dan ketat baru musik musik kemudian mangsa untuk degenerasi. Komposer saadettin kaynak , serif Içli, selahattin pinar dan Avni Anil, interpreter seperti safiye ayla , Hamiyet

MANDI HANAM TURKI TRADISIONAL 


Air tidak hanya untuk mencuci di hamam, itu tidak hanya juga untuk tubuh bersih, tetapi juga jiwa dan semangat untuk belajar kejelasan tertentu ... 

http://2.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPK3AlhD9wI/AAAAAAAAACE/TTY8SA68IwU/s320/hamam1.jpg


Sebuah pengalaman tak terlukiskan indah yang Anda benar-benar suka belajar sendiri untuk memahami mereka, adalah hari di sebuah hamam. Pengunjung dapat di kabin ruang ganti dengan-the-pestemal, handuk mandi membungkus, terbuat dari katun atau sutera tenunan.Hanya dengan Pestemal sekitar pinggul masuk-sicaklik, yang (panas)-kamar mandi. Ini membuka pintu untuk bersantai dengan air, uap dan sabun. kekhawatiran sehari-hari, stres dan hiruk pikuk tidak memiliki kesempatan oleh uap di sini menambahkan menyelinap. Untuk terus-menerus mengalir air hangat di-Kurna, baskom marmer kecil, menjerumuskan Anda menjadi lautan relaksasi mental dan fisik.Tubuh dijaga dengan satu-Tas, mangkuk tembaga dengan air, disiram, sehingga Anda mulai berkeringat. Jika kulit sangat lembut dan bengkak, menciptakan satu-on-Göbektasi, batu pusar, yang merupakan tengah kolam dan permukaan marmer besar hangat. Di sini menggosok-Tellak, staf, dengan satu-kese, yang keras, kain tenun seluruh tubuh kasar, sehingga kulit benar-benar Scratch off selesai dan juga disediakan. Kemudian datang suatu mencuci sabun dengan pijat keras dan rasanya seperti dilahirkan kembali. 



hammam memiliki budaya Turki di tempat yang sangat khusus.Bahkan dalam bahasa Turki, ada perkataan seperti-Hamama giren terler-(Siapa yang masuk ke dalam keringat, hamam) atau Kadinlar hamamina dönmek-(seperti Hamam perempuan, gosip sangat keras) dan juga Hamam gibi, yang berarti Bahwa adalah sebagai panas seperti dalam sebuah hamam. Hamam adalah kunjungan awal musim apapun, terutama untuk wanita, sebuah peristiwa yang sangat khusus. Ini adalah kesempatan untuk melarikan diri sehari-hari, kami dipelihara dan bersenang-senang. Sudah pada pagi hari dini hari mulai mengunjungi hamam itu, setelah dengan teman dan tetangga telah setuju. Hanya pada matahari terbenam, itu kembali ke rumah.Makanan dibawa saja. Apalagi beberapa hari sebelumnya-siap Zeytinyagli Dolma, sebuah Vine dibungkus daun Beras, yang dimasak dalam minyak zaitun, Tursu, acar dan Borek, adonan kue dari lapisan tipis, dimakan, dan ini Serbet, jus buah buatan sendiri, mabuk. Yang paling indah dalam kunjungan hamam itu tentu saja akan selalu gosip. 


http://1.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPK3KQmnw3I/AAAAAAAAACM/Xu6gD4P_5Fw/s320/hamam2.jpg 

Hamams sering memiliki dua sayap terpisah, sayap perempuan dengan pintu masuk ke jalan samping, dan Maennertrakt dengan pintu masuk ke jalan utama. Beberapa Hamams juga digunakan oleh pria dan wanita secara bergantian digunakan. Syal berwarna di pintu masuk untuk mengkarakterisasi apakah laki-laki atau perempuan di hamam ini. 


http://4.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPK3PPj3P1I/AAAAAAAAACU/FZydgNmc5m8/s320/hamam3.jpg 



Bahkan-Hamambohcasi, berkas di mana objek dibawa ke hamam tersebut, milik Hamamtradition. Hal-hal berikut memiliki tempat mereka adalah: cuci bersih, Pestemal, sisir, sabun, kotak perhiasan, handuk, Tas, pacar, Rastık (alis atas), Sürme (kelopak mata Schminke), naik fragrance dan Nalin (sandal), yang sandal tinggi , sering terbuat dari kayu, fakultas sebelum Bodennaesse melindungi. 


http://1.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPK3aR2PooI/AAAAAAAAACc/Nouxv9RIxBI/s320/hamam4.jpg

hammam juga telah membuat beberapa tradisi penting penting pusat: Itu misalnya "Gelin Hamami" (pengantin Hamam) yang diselenggarakan, di mana semua teman-teman pengantin diundang.Ini dinyanyikan dan dirayakan. Pengantin wanita dicuci tiga kali mengelilingi Göbektasi. Dalam cekungan marmer adalah berlian, emas, uang dan Nigella dibuang. Dengan air ini pengantin wanita dan disiram tiga kali di sekeliling yang kecil tersebar. Ia percaya bahwa upacara ini membawa kebahagiaan. Gadis-gadis muda lainnya berkumpul di kecil, sehingga mereka juga untuk masa depan mereka sendiri membawa kebahagiaan. 

The Hamam nifas adalah 40 hari setelah kelahiran pada pasar terorganisir Hamam. Upacara ini mirip dengan mandi pengantin. Bayi itu dengan ibu dilapisi telur itik segar dan sabuk sangat luas diikatkan pada perut, unwinding dari rahim harus mendorong. 

http://3.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPK3hhM0REI/AAAAAAAAACk/UROJvmOS48w/s320/hamam5.jpg

Bahkan saat ini ada kebiasaan di Anatolia, jika sumpah atau janji, dengan gemuruh besar tersambung, terpenuhi, akan menjadi perayaan di Hamam diatur dan dibayar oleh orang yang sumpah telah terpenuhi. Dalam Turki perhotelan dikenal juga kebiasaan untuk mengundang tamu ke hamam ini. 

Setelah Turki di Istanbul pada tahun 1453 telah menaklukkan, mereka membangun Hamams banyak. Pada abad ke-17, ada 168 pusat Istanbul Hamams. Hari ini, Hamami Galatasaray , pada 1741, dibangun Cagaloglu Hamami dan Cemberlitas Hamami yang paling dikenal. The Hamami Cemberlitas ini tahun 1584 oleh Yayasan Just-u Banu Sultan, ibu Sultan Murat III. dan istri Sultan Selim II dibangun.Mandi Cemberlitas terbuka 365 hari setahun, dari orgenstunden awal sampai tengah malam (6:00-24:00) dan memiliki satu pria dan satu kamar mandi wanita, menurut rencana arsitek Sinan legendaris Turki dibangun, adalah salah satu terbesar contoh arsitektur Ottoman dari abad ke-16. 

http://1.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPK3vgtuuOI/AAAAAAAAAC0/sbaYPyeZGv8/s320/hamam7.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPK3rrGWKGI/AAAAAAAAACs/_RsEG3UUMtY/s320/hamam6.jpg


Setelah hamam, ketika Anda mengunjungi di bak mandi di rumah Anda, Anda tidak akan pernah begitu murni dan bersih seperti yang Anda merasakannya dalam hamam telah berpengalaman.
GAUN TRADISIONAL TURKI PERNIKAHAN DAN WEAR BRIDAL TURKI
Di Kekaisaran Ottoman, ada perempuan dalam kostum daerah yang berbeda.
Para crochets wanita Anatolia dengan jarum yang sangat halus dari pola bunga hias menunjuk jilbab telah dijahit. Dan mereka juga tidak lupa untuk antara bunga-bunga riil terjebak ke dalam rambut.

Kalau pengantin wanita, ia menjahit seluruh kekayaan nya seperti koin emas dan perak untuk jilbabnya. Emas dalam riwayat hidup perempuan Turki adalah arti yang sangat khusus. Ketika bayi datang ke dunia, adalah dengan kerabat dan kenalan dengan penerima emas.Ibu baru mendapatkan baik oleh ibu mereka sendiri sebagai ibu dan suaminya, gelang emas. Yang paling menarik adalah sebuah pertunangan atau pernikahan untuk melihat kerabat dan kenalan menunjukkan solidaritas mereka dengan pengantin wanita dan Perlakukan mereka dengan baik gelang emas atau koin emas sebagai tanda dukungan mereka terhadap perkawinan yang baru dibuat.
http://2.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKGXQAQX7I/AAAAAAAAAAU/oRv3rx0U74o/s320/ge2.jpg



Tradisional Wedding Dresses Turki
Istanbul pengantin:
Bright pink satin sutra dengan jahitan perak.
Benaeht jilbab dengan perhiasan perak












http://4.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKIzSh-TBI/AAAAAAAAAA0/DV4lzWfKRfA/s320/ge3.jpg


Tradisional Wedding Dresses Turki
Rumeli wilayah, sutra blus dan Schalvar
Burgundy jaket beludru sutra.
(Klik pada gambar)


http://3.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKH6nx4REI/AAAAAAAAAAs/Gi5Avfverf8/s320/ge1.jpg

Tradisional Wedding Dresses Turki 
Gadis muda
oleh Rumeli
(Klik pada gambar)


http://4.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKJVKsXskI/AAAAAAAAAA8/rYwg5eA8qWI/s320/ge4.jpg


Tradisional Wedding Dresses Turki 
Ankarapengantin (kiri) gaun pengantin beludru Merah
Dengan koin emas obyek hiasan kepala
Moon memiliki motif bintang.
Konak Bride (kanan) gaun beludru gelap,
Interior sutra blus.





Ketika Turki lama adalah cadar pengantin merah sebagai simbol. Di kota-kota dan desa-desa sebelumnya setiap calon pengantin harus memakai kerudung pengantin merah Turki, dengan potongan kecil perak menghiasi perang. Model hiasan kepala itu dari satu tempat ke tempat lain. Jika kita terus ke Central Anatolia ke drive timur, kita melihat bahwa jumlah permata masih diperbesar. Pada saat itu, wanita Sipil samping hiasan kepala nya emas atau perak dan topi kecil, dengan puncak benang sutera dalam bentuk mawar atau anyelir dihiasi motif. Sebagian juga berlian jarum dimasukkan ke dalam rambut.

http://3.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKJ2hwIcOI/AAAAAAAAABE/-WgXsL0PloM/s320/egege1.jpg
Tradisional Wedding Dresses Turki


Aegean wilayah: Turkmenistan pengantin:

Sutra blus or''bürümcük ", dibuat dari kain yang sangat tipis terbuat dari sutera dan katun, telah selalu menjadi Decollete, sehingga pengantin baru dan rantai emas dan koin bisa menunjukkan. Di desa kehilangan" bürümcük "blus di mereka place''mintan''said blus.

Tapi kami selalu melihat banyak rantai emas dan perak. Mereka juga memiliki emas dan perak sabuk yang di pinggang pada sabuk kain a''uckur''said yang dipakai. Dalam dua abad terakhir, warna dan desain fashion zat-zat menurut selera berubah. Pada abad ke-19 zat elmasiye''was''a sangat populer yang terdiri dari benang emas dan perak, tenun dan sering gaun untuk pengantin wanita digunakan.Kemudian, kita melihat pakaian dari beludru ,'''' bindalli disebut.


http://3.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKKOttwUjI/AAAAAAAAABM/t3ftGJ0HGLs/s320/kuth.jpg





Tradisional Wedding Dresses Turki
Pengantin dari Kütahya-Simav:
Tenunan dengan benang perak gaun pengantin dan sabuk perak









http://2.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKKoZBIWBI/AAAAAAAAABU/ea_7ksOGfwY/s320/istkn.jpg

Tradisional Wedding Dresses Turki
Konak wanita dari Istanbul:
Sutra bergaris bürümcük''''
Blus sutra, sutra ungu dengan
Emas dan perak caftan''''design dijahit, jaket panjang.










http://3.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKLSL-W1VI/AAAAAAAAABk/ibhlzKav01s/s320/trabge1.jpg


Tradisional Wedding Dresses Turki 
Bride dari Trabzon:
Blus sutra dan mutiara di kerah.
Hiasan kepala terbuat dari 210 koin emas.




http://4.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKLt7KIPUI/AAAAAAAAABs/np0Z-y-Cd2Y/s320/bigage1.jpg

Tradisional Wedding Dresses Turki
Canakkale-pengantin dari Biga:

Hiasan kepala yang terbuat dari koin emas
dan merah pengantin kerudung




http://3.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKMEgPYeTI/AAAAAAAAAB0/O8URg6lEnSI/s320/bodge.jpg
Tradisional Wedding Dresses Turki 
Bride dari Bodrum:
Dengan cadar sirip biru dan
Bunga segar.




http://2.bp.blogspot.com/_LaczOb61udM/SPKMX3uiurI/AAAAAAAAAB8/oLsgpCDAk_Q/s320/antge1.jpg


Tradisional Wedding Dresses Turki
Pengantin baru-baru ini menjadi Mrs
dari Gaziantep:
Dengan hiasan kepala perak
dan warna dari Anatolia.










Pada abad ke-20 dipengaruhi mode Eropa dengan gaun pengantin putihnya bahkan penampilan kerudung pengantin Turki. Mereka sekarang berwarna krem, tapi perak koin dan karangan bunga dekoratif dari Hungaria tetap. Wanita desa Utsmani telah pakaian yang paling nyaman dalam kehidupan sehari-hari. Wanita Konak punya dalam pakaian mereka sehari-hari terbuat dari beludru dan sutra.


Dalam apa waktu kita, perempuan kita seperti kemarin, hari ini tugas-tugas mereka. Para ibu memberikan kebiasaan dan tradisi untuk anak-anak perempuan mereka. Hal ini menciptakan pemahaman umum kehidupan, generasi terkait erat. Hal ini tercermin dalam pakaian warna-warni perempuan desa kami, di anyelir di rambut dalam kain sutra di kepalanya ..... dan perhiasan kami, yang juga merupakan ekspresi kasih kita.
komentar saya : kebudayaan turki beraneka ragam seperti busana atau baju kuno yangberada diturki.

1 komentar:

  1. kebudayaan turki beraneka ragam seperti busana atau baju kuno yangberada diturki.

    BalasHapus