Rabu, 30 Januari 2013

SEJARAH ORACLE


Setelah membahas secara ringkas konsep basis data relational, saya akan menjelaskan tentang sejarah Oracle tersebut yaitu sistem basis data Oracle. Oracle Corporation merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar didunia dan merupakan penyedia utama dari sistem basis data (DBMS – Database Management System). Program basis data Oracle 10g memungkinkan perusahaan-perusahaan besar dan pemerintah untuk mengelola, mengakses, dan menyimpan sejumlah informasi pada berbagai sistem komputer dari laporan penjualan perusahaan, penggajian, hingga daftar pelanggan pada sistem pemesanan layanan penerbangan. Saat ini Oracle Corp. Juga membuat atau mengembangkan kakas (tool) lain untuk para pengembang perangkat lunak (software developer) disamping juga mengembangkan berbagai perangkat lunak untuk mengelola informasi di komputer server. Perusahaan Oracle Corperation ini berbasis di Redwood Shores, California, Amerika Serikat.
           
Lawrence J. Ellison, Robert N. Miner, dan Edward Oates mendirikan system development laboratories pada tahun 1977 untuk mengembangkan perangkat lunak basis data untuk komputer “mainframe”. Ellison bekerja pada perusahaan ini untuk mengembangkan komputer mainframe pertama yang kompatibel dengan komputer “International Business Machines Corparation (IBM)”. Diperusahaan baru ini Ellison sudah lama memperhatikan bahwa IBM telah telah mengembangkan program basis data bertipe relational yang bernama DB2. System Development Laboratories menantang pasar program basis data relasional IBM pada tahun 1979 dengan mengembangkan sistem basis data relasional yang mereka namakan Oracle RDBMS (Relational Database Management System) Produk sistem basis data relasional komersial pertama yang menggunakan SQL. Saat ini SQL telah telah menjadi standar untuk semua produk basis data bertipe relasional.
             
Pada tahun 1982, System Development Laboratories mengubah namanya menjadi Oracle Corporation, setelah sukses dengan produk basis data yang juga bernama Oracle. Oracle Corporation kemudian menjadi pemimpin industri dalam hal produk perangkat lunak basis data, dan memenangkan berbagai kontrak pengembangan aplikasi basis data diberbagai perusahaan besar diAmerika Serikat dan diseluruh dunia. Selama tahun 1980-an, penjualan oracle berlipat dua setiap tahun  bertumbuh dari $2,5 juta pada tahun 1982 menjadi $916 pada tahun 1990. Pada tahun 1991, perusahaan ini mengalami kerugian untuk yang pertama kali dan kemudian melakukan reorganisasi sistem basis datanya. Pada tahun 1992, perusahaan ini kembali meraup untung.
            
Oracle Corporation selanjutnya mulai bergerak untuk mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menangani basis data video, audio, dan teks berukuran besar, untuk aplikasi-aplikasi yang berjalan lewat jaringan internet.

1 komentar:

  1. informasi yang sangat bermanfaat kang, soalnya saya ada tugas nih suruh cari artikel oracle.. terima kasih kang... ^^

    salam gunadarma... hihiihi.. :D

    BalasHapus