Kamis, 31 Januari 2013

Soal Java


   1.      Jelaskan apa yang dimaksud Java Desktop dan Java Mobile !
Jawab:
Java Desktop : Aplikasi yang membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer                        atau pada lingkup jaringan.
Java Mobile   : Aplikasi yang digunakan untuk memberikan pelayanan akses informasi                             dengan menggunakan sarana handphone sebagai mobile device.
   2.      Apa yang dimaksud dengan class dan object dan berikan contoh dalam bentuk program sederhana?
Jawab:
Class : Sebuah blue print, atau prototipe, yang mendefiniskan variabel-variabel dan                     metode-metode yang umum untuk semua objek dari njenis tertentu.
Object: Merupakan sekumpulan software yang terdiri dari variabel dan method-method              terkait.
Contoh program Class dan Objek:
class buku
{
String pengarang;
String judul;
void isi (String isi1,String isi2)
{
judul = isi1;
pengarang = isi2;
}
void cetak()
{
if (judul==null&&pengarang==null)return;
System.out.println("judul=" +judul +"pengarang=" +pengarang);
}
}
class karangan
{
public static void main(String[]args)
{
buku a,b,c,d;
a=b=c=d=new buku();
a.isi ("pengarang pascal", "yogiyanto");
a.cetak();
b.isi ("pengarang java", "asep hermanto");
b.cetak();
c.isi ("pengarang web", "johan prasutyo");
c.cetak();
d.isi ("pengarang c++", "adbul kadil");
}
}
Output:
judul=pengarang pascalpengarang=yogiyanto
judul=pengarang javapengarang=asep hermanto
judul=pengarang webpengarang=johan prasutyo

   3.      Dalam perintah java memeliki 2 Decision – making statement yaitu if-else dan switch, jelaskan fungsi dari kedua statement tersebut dan berikan contoh program sederhananya !
Jawab:
Fungsi if-else: Digunakan ketika kita akan mengeksekusi sebuah statement jika kondisinya true maka akan mencetak nilai benar, dan statement yang lain jika berkondisi false maka akan mencetak nilai salah.
Contoh program if-else:
import java.util.Scanner; // Import java untuk fungsi meminta inputan user
class Main
{
   public static void main(String[] args)
  {
    Scanner in = new Scanner (System.in); // kita masukan fungsi abstract Scanner kedalam sebuah object yang bernama in
    int point;
    System.out.print("Masukan Jumlah Point =");
    point = in.nextInt(); // untuk meminta inputan berupa angka bisa menggunakan in.nextInt();
    System.out.println("-----------------------");
    System.out.println("Nama : Driyanto Saputro");
    System.out.println("point : " + point);
    if (point==3)
       System.out.println("Medali Emas");
    else if (point==2)
       System.out.println("Medali Perak");
    else if (point==1)
       System.out.println("Medali Perunggu");
    else
       System.out.println("Tidak mendapat Medali");
       System.out.println("-----------------------");
  }
}
Output:
 Masukan Jumlah Point =2
-----------------------
Nama : Driyanto Saputro
point : 2
Medali Perak
-----------------------

Fungsi switch: Digunakan jika memiliki lebih dari 2 pernyataan artinya jika terdapat 3 pernyataan atau lebih atau Mengkonstruksi cabang untuk beberapa kondisi dari nilai.
Contoh program switch:
import java.util.Scanner;
class Main
{
  public static void main(String[] args)
 {
   Scanner masuk = new Scanner (System.in);
   int point;
   System.out.print("Masukan Jumlah Point =");
   point = masuk.nextInt();
   System.out.println("-----------------------");
   System.out.println("Nama : Driyanto Saputro");
   System.out.println("point : " + point);
   switch (point)
   {
     case 3  :
         System.out.println("Medali Emas");
         break;
     case 2  :
         System.out.println("Medali Perak");
         break;
     case 1:
         System.out.println("Medali Perunggu");
         break;
         default:
         System.out.println("Tidak mendapat Medali");
   }
         System.out.println("-----------------------");
  }
}
Output:
 Masukan Jumlah Point =1
-----------------------
Nama : Driyanto Saputro
point : 1
Medali Perunggu
-----------------------
   4.      Analisalah program dibawah ini dan berikan penjelasan arti pada setiap tanda “ ? “ kemudian tuliskan hasil output dari program ini :

class ArrayCopyDemo { // ? <<< berikan penjelasannya

public static void main(String[] args) { // ?

char[] copyFrom = { 'd', 'e', 'i', 'n', 't', 'e', 'r', 'm', 'i', 'l', 'a', 'n', 'o' }; // ?

char[] copyTo = new char[7]; // ?

System.arraycopy(copyFrom, 2, copyTo, 0, 5); // ?

System.out.println(new String(copyTo)); // ?

}
}

Output program ini adalah ......
Jawab:
1.      Class ArrayCopyDemo { //  Sebuah nama class ArrayCoyDemo
2.      Public static void main(String[] args) { // Awal program dijalankan
3.      Char[] copyFrom = { 'd', 'e', 'i', 'n', 't', 'e', 'r', 'm', 'i', 'l', 'a', 'n', 'o' }; // Sebuah Array bertipe Char yang bernama copyFrom
4.      Char[] copyTo = new char[7]; // Membuat sebuah wadah array yang bertipe char yang char itu 7 index
5.      System.arraycopy(copyFrom, 2, copyTo, 0, 5); // Mengcopykan berasal dari arrayCopyDemo, dimulai dari index kedua(2), dan ditempatkan diwadah copyTo dari index 0 sampai index 5.
6.      System.out.println(new String(copyTo)); // Menampilkan wadah array yang bernama copyTo.

Output: interm

   5.      Berikan Penjelasan kesimpulan tentang objek materi presentasi perkelompok anda !

Jawab:

Saya dari kelompok 1 yang menjelaskan tentang struktur control alur program yang didalamnya menjelaskan mengenai perulangan, percabangan, conditioinal, seleksi, lompatan dan didalam lompatan itu terdiri dari break dan continue.

Struktur control digunakan untuk mengatur susunan proses eksekusi statement-statement didalam program.  Perulangan dalam java ada for, while dan do-while. Lalu distruktur control jg ada percabangan dalam java. Java sebagai bahasa pemrograman mempunyai beberapa jenis percabangan yaitu:
-          if
-          if-else
-          switch
Java mendukung pernyataan jump terkendali (controller jump) yaitu:
-          Break
-          Continue 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar