1. Jelaskan apa yang dimaksud
Java Desktop dan Java Mobile !
Jawab:
Java Desktop : Aplikasi
yang membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer atau pada lingkup jaringan.
Java Mobile : Aplikasi yang
digunakan untuk memberikan pelayanan akses informasi dengan
menggunakan sarana handphone sebagai mobile device.
2. Apa yang dimaksud dengan
class dan object dan berikan contoh dalam bentuk program sederhana?
Jawab:
Class : Sebuah blue print,
atau prototipe, yang mendefiniskan variabel-variabel dan metode-metode yang umum untuk semua objek dari njenis
tertentu.
Object: Merupakan
sekumpulan software yang terdiri dari variabel dan method-method
terkait.
Contoh program Class dan Objek:
class buku
{
String pengarang;
String judul;
void isi (String isi1,String isi2)
{
judul = isi1;
pengarang = isi2;
}
void cetak()
{
if
(judul==null&&pengarang==null)return;
System.out.println("judul=" +judul
+"pengarang=" +pengarang);
}
}
class karangan
{
public static void main(String[]args)
{
buku a,b,c,d;
a=b=c=d=new buku();
a.isi ("pengarang pascal", "yogiyanto");
a.cetak();
b.isi ("pengarang java", "asep
hermanto");
b.cetak();
c.isi ("pengarang web", "johan
prasutyo");
c.cetak();
d.isi ("pengarang c++", "adbul
kadil");
}
}
Output:
judul=pengarang pascalpengarang=yogiyanto
judul=pengarang javapengarang=asep hermanto
judul=pengarang webpengarang=johan prasutyo
3. Dalam perintah java memeliki
2 Decision – making statement yaitu if-else dan switch, jelaskan fungsi dari
kedua statement tersebut dan berikan contoh program sederhananya !
Jawab:
Fungsi if-else: Digunakan ketika kita
akan mengeksekusi sebuah statement jika kondisinya true maka akan mencetak nilai benar, dan
statement yang lain jika berkondisi false maka akan mencetak nilai salah.
Contoh program if-else:
import
java.util.Scanner; // Import java untuk fungsi meminta inputan user
class Main
{
public static void main(String[] args)
{
Scanner in = new Scanner (System.in); //
kita masukan fungsi abstract Scanner kedalam sebuah object yang bernama in
int point;
System.out.print("Masukan Jumlah Point
=");
point = in.nextInt(); // untuk meminta
inputan berupa angka bisa menggunakan in.nextInt();
System.out.println("-----------------------");
System.out.println("Nama : Driyanto
Saputro");
System.out.println("point : " +
point);
if (point==3)
System.out.println("Medali
Emas");
else if (point==2)
System.out.println("Medali
Perak");
else if (point==1)
System.out.println("Medali
Perunggu");
else
System.out.println("Tidak mendapat
Medali");
System.out.println("-----------------------");
}
}
Output:
Masukan Jumlah Point =2
-----------------------
Nama :
Driyanto Saputro
point : 2
Medali Perak
-----------------------
Fungsi switch: Digunakan jika memiliki
lebih dari 2 pernyataan artinya jika terdapat 3 pernyataan atau lebih atau Mengkonstruksi cabang untuk beberapa kondisi
dari nilai.
Contoh program switch:
import
java.util.Scanner;
class Main
{
public static void main(String[] args)
{
Scanner masuk = new Scanner (System.in);
int point;
System.out.print("Masukan Jumlah Point
=");
point = masuk.nextInt();
System.out.println("-----------------------");
System.out.println("Nama : Driyanto
Saputro");
System.out.println("point : " +
point);
switch (point)
{
case 3
:
System.out.println("Medali
Emas");
break;
case 2
:
System.out.println("Medali
Perak");
break;
case 1:
System.out.println("Medali
Perunggu");
break;
default:
System.out.println("Tidak
mendapat Medali");
}
System.out.println("-----------------------");
}
}
Output:
Masukan Jumlah Point =1
-----------------------
Nama :
Driyanto Saputro
point : 1
Medali
Perunggu
-----------------------
4.
Analisalah
program dibawah ini dan berikan penjelasan arti pada setiap tanda “ ? “
kemudian tuliskan hasil output dari program ini :
class ArrayCopyDemo { // ? <<< berikan
penjelasannya
public static void main(String[] args) { // ?
char[] copyFrom = { 'd', 'e', 'i', 'n', 't', 'e', 'r', 'm', 'i', 'l', 'a', 'n', 'o' }; // ?
char[] copyTo = new char[7]; // ?
System.arraycopy(copyFrom, 2, copyTo, 0, 5); // ?
System.out.println(new String(copyTo)); // ?
}
}
Output program ini adalah ......
public static void main(String[] args) { // ?
char[] copyFrom = { 'd', 'e', 'i', 'n', 't', 'e', 'r', 'm', 'i', 'l', 'a', 'n', 'o' }; // ?
char[] copyTo = new char[7]; // ?
System.arraycopy(copyFrom, 2, copyTo, 0, 5); // ?
System.out.println(new String(copyTo)); // ?
}
}
Output program ini adalah ......
Jawab:
1. Class ArrayCopyDemo {
//
Sebuah nama class ArrayCoyDemo
2. Public static void
main(String[] args) { // Awal program
dijalankan
3. Char[] copyFrom = {
'd', 'e', 'i', 'n', 't', 'e', 'r', 'm', 'i', 'l', 'a', 'n', 'o' }; // Sebuah Array bertipe Char yang bernama copyFrom
4. Char[] copyTo = new
char[7]; // Membuat sebuah wadah
array yang bertipe char yang char itu 7 index
5. System.arraycopy(copyFrom,
2, copyTo, 0, 5); // Mengcopykan berasal
dari arrayCopyDemo, dimulai dari index kedua(2), dan ditempatkan diwadah copyTo
dari index 0 sampai index 5.
6. System.out.println(new
String(copyTo)); // Menampilkan wadah
array yang bernama copyTo.
Output: interm
5.
Berikan Penjelasan kesimpulan tentang objek materi presentasi
perkelompok anda !
Jawab:
Saya dari kelompok 1 yang menjelaskan tentang struktur
control alur program yang didalamnya menjelaskan mengenai perulangan,
percabangan, conditioinal, seleksi, lompatan dan didalam lompatan itu terdiri
dari break dan continue.
Struktur control digunakan untuk mengatur susunan
proses eksekusi statement-statement didalam program. Perulangan dalam java ada for, while dan
do-while. Lalu distruktur control jg ada percabangan dalam java. Java sebagai
bahasa pemrograman mempunyai beberapa jenis percabangan yaitu:
-
if
-
if-else
-
switch
Java mendukung pernyataan jump terkendali (controller
jump) yaitu:
-
Break
-
Continue
Tidak ada komentar:
Posting Komentar