Minggu, 17 Maret 2013

Pengalaman Membangun Sistem Informasi

Dalam membangun suatu sistem informasi kita harus tahu tujuan sistem informasi tersebut. Sebelum menceritakan pengalaman saya dalam membangun sistem informasi, ada 7 langkah dalam membangun sistem informasi yakni:

-          Perencanaan
-          Analisa
-          Desain
-          Pengembangan
-          Testing
-          Implementasi
-          Pengoprasian dan Pemeliharaan

Pengalaman saya membangun sistem informasi pada saat semester kemarin atau semester 5. Semester 5 ada mata kuliah Sistem Basis Data 1 (SBD 1) dosen meminta membentuk kelompok untuk membuat suatu sistem informasi dan membuat makalahnya juga dengan tema bebas. Saya membuat kelompok yang beranggotakan Rama, Bayu, Adit dan Reza. Kelompok saya juga bingung akan membuat apa, waktu mengumpulkan makalahnya sebelum UTS dan presentasinya sesudah UTS.

Kami terus mencari-cari selama seminggu dan hasil yang didapat adalah membuat suatu aplikasi minimarket yang didalamnya berupa data-data penyimpanan barang masuk, barang-barang yang sudah terjual dan juga menggunakan Login dengan menggunakan aplikasi “Visual Basic.Net 2008”. Pertama-tama kami membuat tampilan loginnya terlebih dahulu. Lalu masuk ke form utama “Minimarket Serba Ada” dan ada pilihan Master Data, Kasir, Laporan dan Logout. Pada form ini maka hak akses dibagi menjadi dua yaitu kasir dan admin. Admin itu sendiri mendapat hak akses untuk Master Data dan Laporan sedangkan Kasir mendapatkan hak akses untuk melakukan aktifitas transaksi. Lalu kami membuat supaya admin bisa mengecek semua laporan persediaan barang, barang masuk, dan transaksi jual. Kasir hanya bisa menjalani proses transaksi penjualan saja.

Sesudah selesai membuatnya dalam bentuk makalah dan program kami menghadap ke dosen yang bersangkutan untuk mengecek kembali apa ada yang kurang atau tidak. Sudah dicek ternyata sudah benar tetapi ada yang kurang yaitu Data Flow Diagram yaitu proses berjalannya program itu dari awal sampai akhir. Tapi tugas kami itu bisa dikumpulin hari itu juga kata dosen tersebut. Sehubung masih ada waktu kami tidak mengumpulkan hari itu juga tapi kami ingin melengkapinya dengan menggunakan data flow diagram.
Pada saatnya kami mengumpulkan tugas kami dan selesai UTS kami mempresentasikan tugas kami tersebut.

Tujuan dan manfaat dari program aplikasi minimarket adalah supaya mempermudah kerja karyawan minimarket dalam mengatur keluar masuknya barang serta mempermudah kasir dan dan konsumen dalam melakukan transaksi barang.

Kendalanya pada saat tahap login dan logout. Dalam pemasukkan barang juga ada kandala, barang yang kami masukkan tidak dapat dimasukkan. Tapi sudah diatasi dengan baik.

Kesimpulan dalam membuat suatu aplikasi minimarket ini adalah betapa pentingnya database dalam berbagai hal seperti contoh tugas kami ini yaitu database minimarket ini. Jadi kita sebagai mahasiswa harus tau bagaimana merancang suatu database yang benar.

Sekian pengalaman saya membangun sistem informasi dalam tugas Analisa dan Perancangan Sistem Informasi.

Nama  : Ananda Utama
NPM    : 10110636
Kelas    : 3KA17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar