Selasa, 25 Juni 2013

5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop 5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop

Cara mempercepat computer atau laptop:

1. Bersihkan file file yang tidak perlu (junk file): Komputer atau laptop kita tanpa kita sadari ternyata banyak sekali file file yang tidak perlu seperti cache browser, windows backup, sistem dump file, old prefect data yang membuat kinerja komputer atau laptop kita menjadi lemot. Untuk menambah kinerja komputer atau laptop bersihkan kompuer atau laptop anda dengan teratur, minimal seminggu sekali dibersihkan dari junk file. Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan tools atau software gratis CCleaner
2. Bersihkan Registri Anda: Seperti halnya junk file, registri juga perlu dibersihkan secara teratur. Registri mengandung entry dari berbagai software, system schedule dll. Jika kita menguninstall software bisa jadi entry di registry software itu masih tertinggal di registry dan akan membuat komputer atau laptop anda menurun kinerjanya. Anda dapat membersihkan registry secara manual dengan masuk ke registry: RUN –> Regedit. Namun disarankan anda memakai tool lain seperti CCleaner untuk membersihkan registry. Jika anda menguninstall software ada baiknya anda memakai uninstaller seperti Revo Uninstaller untuk menjamin tidak ada leftover dari software yang tertinggal dan menurunkan kinerja komputer anda.
3. Kurangi Software Saat StartUp: Banyak software dan services yang jalan secara otomatis saat startup (booting) akan mempperlambat kinerja komputer anda terutama saat booting. Menyalakan komputer terasa begitu lama dan lemot karena komputer harus terlebih dahulu menjalankan software software yang ada di startup. Cara mengurang startup dengan cara: RUN –> MSconfig –> Pilih tab Startup –> hilangkan centang software software yang tidak anda perlukan. Atau alternatif lain anda bisa menggunakan CCleaner ataupun Tuneup Utilities.
4. Defrag Hardisk anda secara teratur: Hardisk atau HDD adalah media penyimpanan dalam komputer atau laptop. Hardisk menyimpan file dalam format tertentu yang rumit. Terkadang di dalam hardisk terdapat defragment (pecahan) dari file file dalam komputer anda sehingga mengakibatkan akses terhadap file itu lambat. Untuk mengatasinya defraglah hardisk secara teratur dengan cara: Masuk ke Computer –> Klik kanan drive/partisi yang mau di defrag –> Properties –> Klik Tab Tools –> Defragment. Atau alternatif lain anda bisa mengunduh tools defragment gratis bernama Defraggler di piriform.com.
5. Kurangi software software yang tidak penting dan jada media penyimpanan jangan terlalu penuh: Banyak software juga akan membuat komputer anda jadi lemot, kurangi software yang sekiranya tidak penting dan hapus file file yang tidak penting sehingga media penyimpanan anda tetap menyisakan space kosong. Media penyimpanan yang terlalu penuh akan mengakibatkan melambatnya kinerja komputer apalagi anda mempunya RAM atau memory yang terbatas.

Jika kelima cara di atas sudah dilakukan namun tetap lemot kami sarankan anda menambah Memory komputer anda. Jika menggunakan Windows 7 atau Windows 8 minimal memory yang di sarankan 2GB RAM. Atau jika komputer anda sudah terlalu tua tidak ada salahnya anda memperbaharui dengan komputer atau laptop dengan kinerja dan performa yang lebih baik

Sumber: http://www.kabardigital.com/113/5-cara-mempercepat-kinerja-komputer-laptop.html

Analisis: computer harus terus dalam keadaan bersih, atau dalam keadaan fresh. Membersihkan Komputer atau laptop dapat membantu percepat cara kerja computer atau laptop yang kita pakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar