Selasa, 25 Juni 2013

Galaxy S4: Ditemukan Celah Keamanan Serius

Galaxy S4 yang merupakan smartphone flagship terbaru Samsung ini diketahui terdapat celah keamanan atau lubang keamanan yang cukup serius. Celah keamanan yang ditemukan pada smartphone besutan produseb asal Korea Selatan ini memungkinkan penyerang secara diam-diam mengeirim pesan teks melalui smartphone tersebut.
Sebuah perusahaan antivirus dan keamanan asal China, Oihoo 360 Technology, mengatakan bahwa celah keamanan pada smartphone Samsung Galaxy S4 ini telah ditemukan sejak tanggal 17 Juni 2013 lalu dan pihak Samsung telah diberitahu mengenai adanya celah keamanan pada produknya.
Celah keamanan serius yang terdapat pada smartphone Galaxy S4 ini memungkinkan untuk penyerang memanfaatkan Trojan SMS yang nantinya mampu mengirimkan SMS melalui smartphone yang terinfeksi tanpa diketahui pengguna. Hal ini akan merugikan pengguna ketika malware jahat tersebut mengirim SMS ke layanan premium.
Lubang keamanan pada smartphone Samsung Galaxy S4 ini terletak pada fasilitas cloud backup yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Melalui celah inilah aplikasi jahat dapat masuk dan menginfeksi perangkat. Selain dapat mengirim SMS tanpa diketahui pengguna, celah keamanan ini juga memungkinkan untuk masuknya SMS palsu yang berisi phishing
“Dengan memanfaatkan celah fitur cloud backup, malware bisa berpura-pura menjadi identitas kontak apapun, teman, saudara, atau perusahaan / organisasi (termasuk bank Anda) ketika berpura-pura mengirim SMS yang berisi phishing atau penipuan.”
“Ketika pesan SMS phishing diterima, pengguna mungkin akan tertipu untuk mengklik link palsu atau mengungkapkan informasi pribadi yang sensitif,” menurut pernyataan perusahaan tersebut, seperti yang dilansir dari Softpedia (21/06/2013).


Analisis: smartphone ini membuat para penggunanya merasa aman karena dappat bebas dari virus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar